Tanpa Internet Bisa Apa?

Belakangan ini sebagian netizen dihebohkan dengan adanya PKI (Pemutusan Koneksi Internet) yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 17 Maret 2018 bertepatan pada hari raya Nyepi. Sontak itu membuat heboh kalangan masyarakat. Seperti yang kita ketahui, Kids Jaman Now adalah kids – kids yang memiliki kecenderungan tinggi terhadap penggunaan internet. Tanpa internet mereka akan mati gaya, ga bisa main MOBA ANALOG, ga bisa musikeli dan ga bisa posting foto selfie saat Nyepi. Inilah yang diresahkan. Padahal ya Nyepi memang seharusnya begitu, hening, sepi, tanpa aktivitas.

Kalau ada yang bilang bahwa tanpa internet masyarakat akan mati gaya. Sebenarnya ga mati – mati amat. Masih banyak kegiatan yang bisa kalian lakukan bila jaringan internet tidak ada. Dan kegiatan – kegiatan itu adalah sebagai berikut:

1. Meditasi 

Meditation

Saat ini sudah jarang sekali saya tak melihat orang melakukan meditasi. Ya selain susah dilakukan, meditasi juga memerlukan konsentrasi tinggi dalam melakukannya. Kalau jaringan internet ga ada, meditasi bisa menjadi solusi bagi kalian yang mati gaya. Kalian bisa sejenak keluar dari urusan duniawi dan mengosongkan pikiran agar pikiran kalian lebih bersih kedepannya.

2. Berpuasa

PUASA

Hal lain yang bisa dilakukan adalah berpuasa. Berpuasa disini selain tidak makan & minum juga bisa diartikan menahan hawa nafsu. Dengan tidak adanya internet, kalian bisa berpuasa main moba analog yang biasanya disertai dengan bacotan kebun binatang di dalamnya.

3. Nonton Film

NONTON FILM

Seperti yang kita ketahui masih banyak rakyat kita yang menganut mental gratisan. Nah buat penganut paham Nyepi hanyalah hari libur, jika memang koneksi internet diputus selama 1 hari, kalian bisa persiapkan hiburan di hari Nyepi dengan mendownload banyak film – film yang bisa kalian tonton saat Nyepi nanti. Entah itu film action, horror, atau blue sekalipun terserah. Toh dosa ditanggung masing – masing.

4. Main PES/FIFA

NGEPES

Main game adalah cara untuk membunuh waktu dengan cepat. Buat para gamers, bermain game tentu akan membuat kita lupa waktu. Maka, jika kalian kuat bermain game selama satu hari penuh saat Nyepi, kalian pun tanpa sadar akan bisa melewati Nyepi tanpa internet. Contoh game yang bisa kalian mainkan yaitu PES atau FIFA. Coba aja kalian main Master League PES selama 1 hari penuh, entah berapa gelar juara yang kalian bisa dapatkan.

 

Nah itulah tadi kegiatan – kegiatan yang dilakukan tanpa koneksi internet. Setiap aturan dan kebijakan tentu ada plus minusnya. Tergantung bagaimana kita menyikapinya. Kalau internet dimatikan, kita tidak akan tahu adanya provokasi – provokasi terkait Hari Raya Nyepi yang dilakukan oleh segelintir orang seperti biasanya. Ini bisa menjadi sisi positif.

UNGGAS

Namun bagi para player MOBA ANALOG, muser dan selfie lovers, tentu kebijakan ini akan menjadi hal negatif karena mereka tak bisa mengekspresikan diri mereka di sosial media. Intinya semua tergantung pada pribadi masing – masing menyikapi kebijakan ini.

Amongken greget caine? Ibi hari raya nyepi...

Oke terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel terbaks ini. Tunggu updatean saya selanjutnya saat Nyepi nanti. Karena saya mau jadi Pecalang~

Leave a Reply