Nippon PHP Asia

Piala Dunia 2018 kembali menyajikan pertandingan yang sedap nan penuh drama. Yak, selain drama korea yang melibatkan oppa – oppa Korsel kontra Tim Panzer Jerman pada group stage, kemarin kita melihat permainan apik Pasukan Kakek Sugiono melawan Belgia. Jual beli serangan yang dilakukan kedua tim membuat pertandingan begitu hidup. Tak seperti partai sebelumnya yang mengandalkan permainan parkir tank hanya demi mengincar kemenangan. Memang semua menginginkan kemenangan, tapi ya ga harus gitu – gitu amat sih. Berikut beberapa hal yang bisa dipetik dari pertandingan tersebut.

Kemenangan Memang Penting, Tapi Perjuangan Dan Sebuah Proses Jauh Lebih Penting.

Siapa yang tak butuh kemenangan? Semua tentu menginginkan hal ini. Tapi mungkin sebagian lupa, untuk meraih kemenangan tentu harus ada proses dan perjuangan untuk meraihnya. Sementara kebanyakan tim menggunakan taktik parkir bus untuk menjaga asa. Jepang mengerahkan seluruh kemampuannya baik untuk menyerang maupun bertahan. Inilah yang membuatnya menjadi sebuah seni. Seni dalam sebuah perjuangan. Meski tak mampu meraih kemenangan, setidaknya seni dalam perjuangan dan keindahan dalam permainan yang ditampilkan Timnas Jepang cukup membuat penonton bangga.

Tak Selamanya Perjuangan Berakhir Dengan Keberhasilan

Source: http://news.images.itv.com/image/file/1572900/stream_img.jpg

Jepang bisa saja memaksa pertandingan berlanjut menjadi extra time andaikata mereka bermain defensive. Namun nyatanya mereka masih tetap berjuang untuk menambah gol hingga akhirnya malapetaka itu tiba di menit – menit akhir. Dramatis. Itulah yang terjadi. Terkadang dalam perjuangan kita harus mengerti kapan kita harus berlanjut, dan kapan kita harus berhenti berjuang. Kekalahan menyesakkan yang diperoleh Timnas Jepang adalah sebuah analogi sederhana dari ‘ditinggal pas lagi sayang – sayangnya’ . Sekeras apapun berjuang jika dewi fortuna tak berpihak, keberhasilan takkan datang. Namun sekali lagi tak masalah, pada intinya proses lebih berharga daripada sebuah hasil Semata.

Udah Gitu Aja

Setidaknya diriku pernah berjuang.....

Source: https://www.japanbullet.com/images/2014/06/jpsupportersjun16.jpg

Ya mungkin itu saja yang bisa saya jabarkan disini. Kesimpulan yang bisa dipetik dari hasil pertandingan Jepang vs Belgia. Meski pada akhirnya terkesan PHP. Setidaknya perjuangan Timnas Jepang patut diberi apresiasi. Sekian ulasan dari saya. Tertanda, Penggemar Layar Kaca yang hanya nonton Highlights pertandingan

Leave a Reply