Karena Bahagia Di Hari Tua Ialah Hak Setiap Manusia

Hidup bahagia di hari tua adalah impian semua orang. Menikmati udara sejuk di pagi hari, bercengkerama dan tertawa bersama pasangan hidup, anak dan cucu tentunya adalah impian setiap orang yang telah memasuki masa pensiun. Namun pertanyaannya, bisakah kita merealisasikan impian tersebut?

Semua kembali pada diri kita masing – masing. Seringkali sebagian dari kita saat berada di masa produktif menghabiskan sebagian waktu untuk pergaulan. Hangout, party, dan kegiatan menyenangkan lainnya bersama sahabat. Masa ini adalah masa dimana kesehatan bukan menjadi prioritas. Semua kegiatan dilakukan atas dasar “yang penting happy” karena kita masih memiliki fisik yang kuat. Seiring bertambahnya usia, fisik mulai melemah dan mulailah kita memperhatikan kesehatan kita sendiri. Kita tak bisa lagi hangout sesering dulu lagi karena keterbatasan kondisi fisik dan kesehatan. Dan muncullah pertanyaan lagi, mampukah kita menjaga diri kita sendiri di hari tua nanti?

Kedua pertanyaan diatas sebenarnya pertanyaan yang mudah untuk dijawab, namun prakteknya tergantung dari niat masing – masing orang tersebut. Pertama, untuk mewujudkan impian hidup bahagia di hari tua kita harus memiliki pemahaman diri sejak dini tentang “untuk apa kita bekerja?” .  Bekerja sejatinya bukan untuk kehidupan di masa sekarang saja. Bekerja adalah tentang bagaimana kita mendapatkan penghasilan untuk menjalani kehidupan hari ini, esok, dan seterusnya. Kita perlu membentengi diri dengan menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk memberikan rasa aman dalam bekerja dan untuk bekal di masa pensiun nanti. Pertanyaan ketiga pun muncul, dimana sebaiknya kita menyimpan sebagian pendapatan kita tersebut?

Indonesia sejatinya telah memiliki Badan Hukum Publik yang bisa menghapus segenap rasa resah dan gelisah terhadap pemikiran tersebut yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan). BPJS Ketenagakerjaan (Dulunya PT Jamsostek) adalah Badan Hukum Publik yang dipercaya untuk menyelenggarakan program jaminan sosial bagi tenaga kerja. Lembaga inilah yang akan menjembatani kita menuju hidup sehat sejahtera aman sentausa di hari tua.

BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan empat program unggulan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Pensiun (JP). Oke mari kita fokus kepada salah satu programnya yaitu Jaminan Pensiun (JP). Kenapa terfokus hanya program itu saja? Supaya lebih cocok dengan tema lomba blog ini #haha. Dikutip dari website BPJS Ketenagakerjaan, Program Jaminan Pensiun merupakan program jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. Dengan kata lain kita akan tetap mendapatkan penghasilan meski sudah tidak bekerja lagi.

Untuk iurannya sendiri sebesar 3% dengan pembagian 2% iuran pemberi kerja dan 1% iuran dari pekerja dengan perhitungan iuran upah pokok dan tunjangan tetap. Manfaat dari jaminan pensiun sendiri bisa kita dapatkan ketika menginjak usia 56 tahun dengan catatan masa iuran minimal 15 tahun atau setara 18 bulan.

Selain untuk diri sendiri, Jaminan Pensiun juga memberikan manfaat untuk anak. Manfaat ini diberikan kepada sang anak yang ditunjuk sebagai ahli waris peserta. Manfaat ini diberikan hingga sang anak memasuki usia 23 Tahun atau sudah bekerja. Namun sebelum sang anak bisa menerima manfaatnya, harap dipastikan kembali bahwa kita sudah mendaftarkan anak kita sebagai ahli warisnya. Selain anak, kita juga bisa mendaftarkan orang tua kita sebagai ahli waris ataupun pasangan hidup kita (itupun kalau punya #hehe).

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari Jaminan Pensiun adalah santunan cacat. Peserta akan diberikan uang bulanan jika mengalami cacat total tetap akibat kecelakaan yang menyebabkan tak mampu untuk bekerja kembali. Manfaat ini diberikan sampai sang peserta meninggal dunia atau ketika peserta tersebut bisa bekerja kembali.

1486123512463910004

Well, itulah tadi beberapa manfaat Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan. Intinya Jaminan Pensiun adalah paket komplit yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk menghapus segenap rasa resah gelisah tentang nasib pekerja di hari tua. BPJS Ketenagakerjaan dengan Jaminan Pensiunnya telah meyakinkan segenap Bangsa Indonesia bahwa Bahagia Di Hari Tua ialah Hak Setiap Manusia. Apapun pekerjaan kita, bagaimanapun kondisi kehidupan sosial kita BPJS Ketenagakerjaan akan senantiasa melindungi hari tua kita. Menjamin akan terciptanya kesejahteraan di masa senja, menjamin akan terlahirnya generasi penerus bangsa yang terampil membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi.

Akhir kata, saya selaku penulis mengajak para remaja untuk mulai menyayangi diri sendiri. Marilah bersama – sama kita tumbuhkan kesadaran dari diri kita arti penting memiliki Jaminan Sosial sejak dini. Dan marilah kita dedikasikan usia produktif kita untuk giat bekerja membangun negeri, membangun kehidupan yang layak bagi diri sendiri dan keluarga. Hari ini, esok, dan seterusnya.

Leave a Reply