Edit Foto Pemain Bola Untuk Poster

Bagi para pecinta bola pasti sudah tak asing lagi melihat design – design poster pemain bola yang tersebar di banyak sekali sosial media. Nah, kali ini gue akan kasi tutorial ke kalian gimana cara edit foto pemain bola seperti salah satu akun bola di Instagram yaitu @dieborussen.id. Buat yang belum tau akunnya bisa dilihat tampilannya dibawah ini:

dieborussen.id

Oke buat yang pengen tau cara editnya bisa langsung ikutin langkah – langkah berikut:

1. Siapkan senjata – senjata yang diperlukan:

2. Sudah siap semua? Oke mari kita lanjut. Buka Adobe Photoshop kalian lalu klik File > New , lalu atur resolusinya sesuai kebutuhan. Karena untuk kebutuhan instagram gue pake ukurannya 1024 x 1024. Lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut:

Photoshop

3. Klik create, kemudian masukkan foto yang ingin kalian edit dengan cara klik File > Open lalu pilih foto yang ingin kalian edit.

Oke pada tutorial kali ini gue pake gambar pemanis, jadi ga usah diikutin ya, cukup kalian pakai pemain favorit kalian #haha.

4. Selanjutnya lakukan seleksi pada foto tersebut dengan Pen Tools. Tekan P pada keyboard dan lakukan seleksi seperti gambar dibawah.

Pen Tools

5. Lanjut, pada daftar menu di bagian kanan (yang ada tab layers, channels, paths). Kita beralih ke Paths lalu pilih Load Path As Selection.

Load Path As Selection

6. Maka akan muncul garis putus – putus hasil dari seleksi kalian tadi.

Hasil Seleksi

7. Tekan V pada keyboard kemudian Drag hasil seleksi tersebut ke tab file photoshop tempat kita akan memodifikasinya menjadi poster.

Move to Poster

Oke sampai sini tarik nafas dulu ya, karena perjalanan masih panjang.

8. Pada file .psd tempat kita mengedit, duplikat layer background dan berikan effect gradient overlay dengan klik 2x pada layer background copy.

Gradient Overlay

9. Sesuaikan ukuran gradientnya sesuai dengan selera kalian dengan mengatur scale. Jika sudah klik OK dan hasilnya kira – kira seperti ini:

Scale

10. Jika potongan foto masih terlihat kurang rapi kita bisa menggunakan eraser tools dengan mengetik E pada keyboard dan gunakan mode brush agar hapusannya terlihat rapi.

11. Setelah selesai, kalian bisa menyesuaikan posisi dan style dari gambar tersebut. pada tutorial ini gue make Lighten. Settingan bisa berbeda – beda sesuai dengan komposisi gambar.

Lighten

12. Masukkan effect asap yang tadi sudah di download lalu sesuaikan posisinya.

Asap

13. Bila dirasa kurang sesuai bisa diatur effectsnya dengan klik 2x pada smoke lalu pilih color overlay.

Color Overlay

14. Terakhir mari kita bermain kata – kata dan grafis – grafis lainnya. Finishing dari gue hasilnya seperti ini:

 

Finish

15. Tambahkan gambar stadion, taruh layer stadion diatas layer Background Copy. Ubah menjadi multiply dan opacity ke 35%.

Stadion

16. Buat tulisan dengan menggunakan Type Tool (T) dengan menekan tombol T pada keyboard.

17. Untuk menambahkan persegi panjang bisa gunakan rectangle Tool yang terletak pada barisan menu di samping kiri.

Rectangle Tool

18. Bila sudah selesai jangan lupa menyimpan file gambarnya dengan klik File > Save As dan pilih ekstension .jpg.

 

Oke sekian tutorial dari edit foto pemain bola untuk poster.

Btw kenapa editannya jadi mirip IG nya @baliunitedfc yak? #haha.

 

 

Leave a Reply